Posted by: mbadeni | August 26, 2008

Anger Management

Katanya kalo manusia emosi itu lumrah. Nek ngamuk pas wayahe yo wajar.

Lebih tidak adil lagi bagi kaum pria karena wanita boleh marah-marah ketika menjelang datang bulan. Sementara mereka tidak boleh marah-marah ketika mimpi basah. Hormonal je..

Saya mengamati beberapa “kemarahan” yang dihalalkan atau dipaksa halal pada berbagai kasus

  1.  Kalo yang marah orang tua kepada anak. Seperti yang tertulis pada kitab suci dan norma sosial, anak tidak boleh balas memarahi ketika beliau berdua menegur kita dalam skala tingkat tinggi. Bisa kuwalat jambu mete ato jadi batu kayak malin kundang ( tinggal pilih aja mana yg lebih nyaman ) . Paling2 juga dicap durhaka dan masuk neraka, itu pasti.
  2. Suami yang memarahi istrinya. based on the holy Qur’an… para wanita dilarang keras “hanya” membalas dengan “ah” kepada suami. Kalo dalam conteks yang berbeda, ah-uh nya boleh2 aja dan asyik geboy saya kira..
  3. Atasan yang memarahi bawahan. wajarila bin halalila…commonly. karena biasanya yang bikin salah bawahan, yang kena akibat atasan. Yang buang duit kacung yang rugi tacik’e…jadi kalo mau marah ya memang sudah saatnya. Kecuali kalo si bos punya sifat penderma yg berlebih, yang merem aja liat bawahannya bikin bangkrut, itu anugrah. Dan tidak menurut kitab suci manapun ato norma sosial yang baku, sebenarnya tidak ada yang melarang para rantai makanan terbawah itu untuk balas memarahi si bos. Kecuali cacing2 di perut mereka…

Pengecualian dalam membalas kemarahan

  1. Pasangan belum pasutri yang sedang berantem. karena belum ada ikatan, sah2 aja kalo mereka saling bersilat lidah dan tubuh untuk mempertahankan harga diri. Tinggal kuat2an ego aja. ato sapa yang paling berani nekat berbuat ekstrim, misal : percobaan bunuh diri ato menghamilkan diri – yang pasti membuat si pasangan lebih pusing memikirkan hal itu daripada ngungkit2 masalah yg bikin berantem.
  2. Bos yang sakit jiwa. Dalam hal ini si Bos memang hobi memarahi bawahan tanpa alasan yang jelas. Bisa karena dia enek liat rai bawahan, ato gemes aja liat bawahan kerjanya tanpa cacat, ato lagi pengen nyiksa karena obsesi yang nggak kesampaian, ato bener2 sakit jiwa dalam arti harfiah. Wah, boleh banget tuh kalo kita mau bales beliau. Mau diculik, kemudian dimutilasi pelan2 sambil digaremi…ato ditelanjangi di muka umum…ato diracun diam2..itu silakan aja dengan resiko akherat ditanggung sendiri..
  3. Temen yang suka nyebar fitnah dan gosip murahan. Ketika kita berantem, kita dibolehkan untuk main hakim sendiri karena dia juga sudah main reportase dengan membuat kita jadi selebriti dadakan – dalam konteks negatip –

Sebenernya apa sih yang membuat manusia itu marah? KETIDAKPUASAN adalah jawaban yang mewakili segalanya.Ketidakpuasan yang terukur dari passing grade yg dibuat sendiri oleh masing2 individu yang biasanya seenak udel cacing2 perut mereka alias karepe dewe…

Dan melihat sekilas film anger management yang dibintangi oleh adam sandler itu, rasanya lucu aja kalo kita ingin mengatasi kemarahan dengan melibatkan orang lain, biro konsultasi pula!!! Dan karena itu cuman film komersil, konsultan sengaja bikin cara aneh2 yang kalo saya liat bukannya bikin orang tambah “adem” justru bisa gila saking ajaibnya… Kapan2 ingin saya kenalkan konsultan itu pada Bos saya…

Juz think positive ajalah…satu hal yang sulit sekali diterapkan. Makanya itu masih banyak orang yang hobi marah-marah di luaran sana..


Responses

  1. marah adalah suatu sifat alamiah manusia yang biasanya disebabkan karena si individu tak mau, tak merasa atau terlibat akan sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana seharusnya.

    makanya saya pernah dimarahi tukang jualan telor ayam di pasar. saat saya komentar: “kok telurnya kecil-kecil sih pak?” si bapak marah-marah dan bilang: “lha kalo besar-besar ya dobol mas s*l*t ayamnya!”

    beliau marah karena bukan beliau yang bertelur. dijamin. wis!

  2. “Suami yang memarahi istrinya. based on the holy Qur’an… para wanita dilarang keras “hanya” membalas dengan “ah” kepada suami. Kalo dalam conteks yang berbeda, ah-uh nya boleh2 aja dan asyik geboy saya kira..”
    Conteks apa yach mbak….??? kok saya ndak paham toh…… mohon jawabannya.. matur nuwun…………

  3. kayaknya seseorang harus berhati2 agar tidak diculik lalu dimutilasi pelan-pelan… or ditelanjangi di muka umum…. hue… sadiz juga….. or yang paling memungkinkan untuk dilakukan adalah meracuni pelan2….(butuh arsenik mbak…..???)

  4. aping 1: arsenik kuno, saya tahu hl yang bisa membuatnya mati cepat. kalah tender…
    aping 2 : hanya bisa dijawab setelah mas aping menikah…
    bangpay : hueheheh. Kalo pertanyaanya kenapa daging paha ayam yg dijual kurus2, jawabannya apa, bang?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: